Bicara soal tas buatan Indonesia, saat membeli sebuah barang, seberapa sering Rorokenesian melihat labelnya karena penasaran, “Produk ini buatan luar atau buatan Indonesia, sih?”

Memangnya penting produk tersebut buatan mana? Bukankah yang terpenting produknya bagus dan sesuai kebutuhan pembelinya?

Di era globalisasi seperti saat ini, menemukan produk buatan luar negeri di pasaran sangatlah mudah. Akan tetapi, banyak alasan kenapa sebaiknya Rorokenesian lebih memilih karya buatan anak bangsa. Menggunakan produk buatan Indonesia, merupakan bentuk paling sederhana dari nasionalisme yang bisa kita lakukan setiap hari, juga menjadi bukti cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Apa sih keuntungan bangga menggunakan tas buatan Indonesia?

1. Membantu Perekonomian Dalam Negeri

Keputusan Rorokenesian membeli sebuah brand buatan Indonesia mungkin terlihat sepele. Namun, keputusan kecil tersebut dapat memberi dampak yang sangat besar lho, khususnya bagi perekonomian bangsa. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, Rorokenesian telah berkontribusi mendukung dan memperkuat rantai usaha mikro Indonesia dari hulu hingga hilir. Mendorong roda perekonomian nasional terus berputar, sehingga pada akhirnya meningkatkan pendapatan negara.

2. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Produksi produk-produk bermerek asli Indonesia tentunya melibatkan banyak pihak. Mulai dari produsen barang, penyedia bahan baku, logistik, pengrajin, dan masih banyak lagi. Dengan memakai produk bermerek asli Indonesia, Rorokenesian secara tidak langsung telah berkontribusi terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan.

3. Tak Kalah Berkualitas

Siapa bilang produk brand asli Indonesia tidak bisa bersaing? Nyatanya, banyak produk buatan Indonesia yang kualitasnya tak kalah, bahkan lebih unggul dibandingkan produksi luar negeri. Produk brand asli Indonesia pun lebih berkarakter karena dibuat oleh sesama orang Indonesia. Setiap detailnya sudah disesuaikan dengan selera, kebutuhan, dan keunikan masyarakat kita.

Dari sekian banyak produk tas buatan Indonesia dengan tas brand tas asli Indonesia yang telah terbukti kualitasnya, Rorokenes Indonesia adalah salah satunya. Kami adalah brand tas anyaman kulit asli dan tenun asal Semarang, Jawa Tengah. Brand Rorokenes dan Rorokenes Indonesia secara resmi sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM RI. Itu artinya, Rorokenesian bisa lebih aman berbelanja karya Rorokenes di akun resmi kami. Dengan adanya HAKI atas brand Rorokenes dan Rorokenes Indonesia, merupakan wujud keseriusan kami dalam perlindungan konsumen.

Karya-karya Rorokenes dikerjakan secara handmade dengan menggunakan 90% material dalam negeri. Dalam setiap prosesnya, kami menjunjung komitmen untuk memberdayakan masyarakat dan memperhatikan kelestarian lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan mengajak pengrajin lokal dan perempuan dalam cluster Rorokenes untuk berkolaborasi menghasilkan produk tas anyaman kami. Rorokenes juga mengangkat isu kesetaraan gender dalam Rumah Rorokenes, baik di workshop maupun showroom.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, Rorokenes hanya bekerjasama dengan produsen kulit asli yang produknya ramah lingkungan. Memiliki manajemen pengolahan limbah teruji, terverifikasi, dan berstandar nasional. Kami juga memastikan limbah produksi Rorokenes seminimal mungkin. Jika terdapat limbah, maksimal hanya 3% dan akan kami sumbangkan seluruhnya ke pengrajin lokal untuk diolah kembali menjadi karya.

Soal kualitas, produk kami tak perlu diragukan lagi. Alhamdulillah, beberapa kali Rorokenes telah lolos kurasi/penilaian untuk mengikuti pameran dan fashion show di dalam dan luar negeri. Seperti pameran New York Now, fashion show ISEF, dan Mercedes-Benz Fashion Week pada tahun 2020 kemarin. Sehingga, dapat dipastikan karya Rorokenes sudah berstandar ekspor.

Rorokenesian, tak perlu ragu menggunakan tas bermerek asli Indonesia seperti Rorokenes. Dengan memakai Rorokenes dan produk lokal lainnya, Rorokenesian sudah mendukung UMKM Indonesia agar terus maju dan berkembang. Yuk, bangga dengan buatan Indonesia. Maju dan jaya karya anak bangsa!