Kami di Rorokenes selalu mengangkat budaya Nusantara ke dalam tas anyaman karya-karya kami. Oleh karena itu, selain menggunakan media kulit asli, Rorokenes juga bereksplorasi dengan tas anyaman tenun lurik.

Apa itu Tenun Lurik?

Bicara kain lurik, artinya bicara tentang sejarah dan budaya asli Indonesia. Nama lurik sendiri berasal dari bahasa Jawa “lorek” yang artinya lajur, garis, atau dapat diartikan sebagai corak. Tahukah Rorokenesian, diperkirakan kain lurik sudah digunakan sejak zaman kerajaan Mataram Kuno.

Kain lurik yang digunakan Rorokenes adalah lurik tradisional. Artinya, kain lurik tersebut ditenun manual menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Kain lurik ini diperoleh dengan bekerja sama dengan para penenun perempuan di wilayah Jawa Tengah, sebagai salah satu upaya kami memberdayakan masyarakat lokal.

Kain lurik adalah sebuah karya seni. Sebab, pembuatannya melalui proses yang rumit dan membutuhkan keahlian. Proses tersebut dimulai dari pewarnaan benang sesuai rancangan motif kain, pengelosan dan pemaletan benang menggunakan alat pintal, menata benang menjadi motif kain, memindahkan desain motif ke alat tenun, kemudian barulah benang-benang tersebut ditenun menjadi kain.

Pilihan Motif Tas Anyaman Tenun Rorokenes

Tak hanya kainnya yang khas Indonesia, beberapa motif anyaman pada tas Rorokenes pun terinspirasi dari kekayaan budaya Nusantara. Saat memesan tas, Rorokenesian bisa berkonsultasi dengan tim Rorokenes terlebih dahulu mengenai pilihan motif anyaman. Berikut ini beberapa pilihan motif anyaman tenun yang kami gunakan.

  1. Anyaman Tetris
    Motif anyaman tetris adalah salah satu inovasi Rorokenes. Tetris sendiri adalah permainan menyusun balok yang sangat populer di dunia. Motif ini diperoleh ketika bilah-bilah kain tenun lurik dijalin menjadi anyaman. Garis-garis pada kain tersebut membentuk pola yang menyerupai susunan permainan tetris. Salah satu contohnya adalah tote bag Lumbini karya Rorokenes.
  2. Anyaman Tenggok
    Anyaman ini terinspirasi dari tas belanja tradisional di Jawa yang bernama tenggok. Tenggok berbentuk bakul kecil yang dibuat dari anyaman bambu atau rotan, di mana bagian atasnya bulat sedangkan bagian bawahnya persegi.
  3. Anyaman Gedek
    Motif anyaman ini terinspirasi dari anyaman bambu yang sering ditemui di pedesaan di Jawa. Gedek biasa digunakan sebagai dinding rumah hingga dijadikan barang kerajinan.

Pembuatan dan Kualitas Tas Anyaman Tenun Lurik

Rorokenes memastikan tas anyaman tenun lurik kami dibuat sama baiknya dengan tas anyaman kulit asli. Untuk membuatnya, kami menggunakan kain tenun lurik berkualitas. Lembaran kain lurik dipotong menjadi bilah-bilah panjang, kemudian dijahit tangan (dijelujur) agar semakin rapi. Barulah setelah itu kami menganyamnya secara tradisional (handmade) sebelum diolah menjadi tas.

Proses pengerjaan tas anyaman Rorokenes menggunakan 90% bahan baku dalam negeri. Kami juga berusaha memenuhi prinsip sustainability dan ethical untuk membuat produk lokal yang berstandar internasional. Selain menggunakan material yang ramah lingkungan, limbah di rumah produksi Rorokenes pun kurang dari 3%. Jika terdapat limbah, Rorokenes akan menyumbangkannya kepada perajin lokal untuk di-upcycle.

Setiap proses pembuatan tas anyaman tenun, mulai dari pemilihan kain lurik hingga finishing tas, dipastikan melalui quality control ketat. Sehingga, tas anyaman yang sampai kepada Rorokenesian memiliki kualitas yang tak perlu diragukan.

Garansi Tas Rorokenes

Apakah tas Rorokenes bergaransi? Jawabnya: ya. Rorokenes memberikan layanan purnajual berupa garansi. Puji syukur kerusakan tas Rorokenes jarang terjadi. Namun, apabila tas Rorokenes mengalami kerusakan yang bukan disebabkan human error dari pemilik, maka tak perlu khawatir. Rorokenes dijamin akan memperbaikinya secara gratis. Demikian juga saat tas dikirim kembali setelah perbaikan, Rorokenes tidak akan mengenakan biaya.

Garansi tas Rorokenes hanya berlaku untuk pembelian resmi. Oleh karena itu, pastikan Rorokenesian hanya berbelanja melalui saluran resmi Rorokenes. Bisa melalui WA +62811-2998-249, DM atau IG Shop @rorokenesindonesia, maupun website kami www.rorokenes.com.