Saat akan membeli tas berbahan kulit, tak jarang orang-orang bingung memutuskan, “Haruskah saya membeli tas kulit imitasi atau tas handmade kulit asli ?”

Tentu saja Anda bebas menentukan pilihan. Namun jika Anda menginginkan tas yang lebih tahan lama dan memiliki nilai tinggi, maka tas kulit asli seperti produk-produk karya Rorokenes adalah jawabannya. Kenapa tas kulit asli dan bukan imitasi?

Ada banyak kelebihan tas handmade kulit asli dibandingkan kulit imitasi. Dilihat dari segi keawetan, tas kulit asli yang dirawat dengan baik dapat bertahan lama dan tampilannya justru semakin cantik. Material kulit asli telah melewati proses penyamakan dan perawatan khusus untuk memastikan kekuatan dan daya tahannya maksimal. Dari segi tampilan, tas kulit asli dengan warna apa pun tetap terlihat elegan sehingga dapat dipakai untuk acara santai maupun formal. Material kulit asli pun dapat bertahan dalam berbagai cuaca, tidak mudah terkelupas atau retak sebagaimana kulit imitasi. Selain itu, material kulit asli selalu populer meskipun mode terus berganti.

Rorokenes merupakan brand tas anyaman dari kulit asli yang bisa menjadi pilihan Anda. Tas kulit Rorokenes seluruhnya terbuat dari 100% genuine leather dengan berbagai desain yang up to date. Tak jarang tas-tas Rorokenes dikombinasikan dengan material etnik lokal sehingga menambah keunikannya. Beberapa tas Rorokenes juga didesain agar multifungsi dengan tali yang dapat dilepas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana Tas Anyaman Kulit Rorokenes Dibuat?

Tas dari material kulit asli memang memiliki banyak kelebihan. Meskipun demikian, proses produksi tas juga sangat menentukan kualitas akhir dari sebuah tas kulit. Mulai dari pemilihan bahan hingga menjadi sebuah tas cantik yang Anda kenal saat ini, Rorokenes hanya memproduksi hasil karya yang terbaik. Yuk, cari tahu bagaimana tas Rorokenes dibuat oleh para pengrajin lokal Indonesia.

Pemilihan Material

Material utama tas Rorokenes adalah genuine leather yang berasal dari hewan ternak seperti sapi dan domba, bukan dari kulit hewan eksotis atau hewan langka lain yang dilindungi. Bahan kulit diperoleh dari pabrik kulit yang setuju bekerja sama dengan Rorokenes. Pabrik yang diajak bekerja sama pun telah diseleksi oleh Rorokenes.

Rorokenes memiliki standar tas anyaman kulit yang ramah lingkungan. Karenanya, hanya pabrik kulit dengan pengelolaan limbah yang baik, sesuai dengan standar ISO, dan tidak menimbulkan pencemaran yang dapat bekerja sama dengan Rorokenes. Pabrik kulit tersebut juga harus dapat memenuhi kuota tiap bulan yang ditetapkan Rorokenes demi terpenuhinya pesanan pelanggan dengan baik. Sebelum masuk ke dalam workshop Rorokenes, material dari kulit diseleksi melalui Quality Control (QC) yang ketat untuk menjaga kualitasnya.

Proses Produksi

Rorokenes sangat memperhatikan detail dalam setiap proses produksi. Oleh karena itu untuk menjaga kualitas, setiap tas diproduksi secara handmade dan bukan produksi masal. Proses produksi dilakukan oleh pengrajin lokal di daerah Semarang, Jawa Tengah.

Produksi tas Rorokenes dimulai dengan mengolah kulit yang datang dari pabrik. Setelah sampai di workshop Rorokenes, material kulit dipotong rapi dengan tingkat presisi milimeter. Kulit yang telah dipotong-potong kemudian dianyam untuk membuat tas anyaman kulit full maupun kombinasi. Teknik anyaman yang digunakan sama dengan cara menganyam tikar, seni yang telah diwariskan turun-temurun di Indonesia. Meskipun demikian, menganyam kulit lebih sulit dibanding menganyam dengan bahan lainnya. Hal ini karena material yang bersifat lentur dan permukaan yang dihasilkan harus rata. Agar dapat menghasilkan anyaman yang bagus, tas Rorokenes hanya dikerjakan oleh pengrajin yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Kulit yang telah dianyam kemudian dibentuk sesuai dengan pola tas. Setelah melalui proses pemotongan sesuai pola, tas kemudian disatukan dengan cara dijahit secara manual. Setiap jahitannya dilakukan dengan cermat agar hasilnya rapi. Jika sudah dijahit, barulah tas Rorokenes siap dilakukan finishing untuk kemudian dikirimkan kepada pemesan. Pada setiap proses produksi, mulai dari pemilihan material hingga finishing, Rorokenes selalu melakukan quality control untuk menjamin tas Rorokenes yang sampai ke tangan Anda benar-benar berkualitas.

Mengapa Memilih Tas Rorokenes?

Tas anyaman kulit asli Rorokenes bisa dijadikan koleksi Anda karena memiliki desain yang cantik dan up to date. Tas Rorokenes hadir dalam berbagai jenis, mulai dari clutch untuk pesta hingga ransel untuk traveling. Desain tas elegan, simpel, dan classy sangat pas dipakai untuk berbagai kesempatan.

Soal kualitas tas Rorokenes pun tak perlu diragukan. Tas Rorokenes telah berkali-kali dikurasi oleh kurator, dan hasilnya tas anyaman kulit Rorokenes berstandar ekspor. Rorokenes kerap mengikuti berbagai pameran internasional mewakili Provinsi Jawa Tengah dan memiliki kustomer di berbagai penjuru dunia. Hingga puncaknya dalam salah satu pameran internasional di Rusia, puluhan tas Rorokenes tertahan di bandara karena dianggap memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan aslinya.

Semua tas Rorokenes dibuat di Indonesia dengan 90% material berasal dari konten lokal. Dengan memakai tas Rorokenes, Anda turut membantu pemberdayaan masyarakat. Bangga memakai tas Rorokenes adalah bukti cinta kita pada produk berkualitas hasil karya anak bangsa.