Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia! Mari semakin mencintai produk Indonesia, dukung karya anak bangsa.

Tanggal 17 Agustus 2020, negara kita tercinta telah genap memasuki usia 75 tahun. Peringatan ulang tahun RI kali ini memiliki tema besar Indonesia Maju. Tema tersebut sesuai dengan tujuan presiden, yaitu pembangunan infrastruktur dan SDM, menciptakan lapangan kerja, hingga pemberdayaan UMKM. Indonesia Maju juga merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan kemerdekaan RI kali ini terasa sangat berbeda. Di usianya yang ke-75, Indonesia kembali harus berjuang di kancah pertempuran. Bukan lagi melawan penjajah, melainkan wabah COVID-19 yang juga menjadi pandemi global. Sebagai bentuk perjuangan melawan pandemi, kita bisa mengambil sikap disiplin dalam menerapkan protokol COVID-19 sesuai anjuran pemerintah. Dengan disiplin mematuhi protokol yang ditetapkan, risiko tertular penyakit akan menurun dan semakin cepat kita dapat memutus mata rantai COVID-19. Sehingga, masyarakat kembali sehat, aman, dan nyaman dalam beraktivitas.

Hari kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah, melainkan perjuangan yang harus dipertahankan. Semangat Hari Kemerdekaan merupakan momentum untuk mengobarkan perjuangan masa kini, salah satunya membangun ekonomi nasional dengan mendorong penggunaan produk-produk lokal. Misalnya, dengan cara membeli tas anyaman kulit asli karya Rorokenes.

Rorokenes, Produk Indonesia Berprinsip Sustainability Development

Rorokenes adalah brand lokal asal Semarang, Jawa Tengah. Produknya merupakan tas anyaman 100% kulit asli yang dikreasikan menggunakan 90% material dari dalam negeri. Dalam menjalankan usaha, Rorokenes menerapkan konsep sociopreneur dan memegang prinsip sustainability development. Bagi Rorokenes, produk bagus saja tidaklah cukup, melainkan harus berkorelasi dengan perawatan atas alam dan memberi dampak positif di bidang sosial. Hal ini sesuai dengan tagline Rorokenes, “Semarang artisan woven bag, exquisite handcrafted product meet with sustainability and ethical concept.”

Perawatan alam yang dilakukan Rorokenes diwujudkan dalam bentuk pemilihan material kulit yang ramah lingkungan. Pabrik kulit yang bekerja sama dengan Rorokenes wajib memiliki sistem pengolahan limbah, berstandar SNI dan sertifikat ISO. Selain itu, Rorokenes juga meminimalisir penggunaan plastik dan menjaga lingkungan workshop untuk senantiasa bersih
dari sampah.

Rorokenes juga selalu berkomitmen memenuhi kewajiban sosial, khususnya pemberian dukungan untuk para perempuan. Secara rutin, Rorokenes menyisihkan sebagian keuntungan penjualan untuk dialokasikan ke dana hibah Pundi Perempuan yang dikelola Komnas Perempuan bersama Indonesia untuk Kemanusiaan. Pundi Perempuan merupakan organisasi yang berperan memberikan layanan publik dan advokasi bagi perempuan korban kekerasan. Upaya mengurangi kekerasan terhadap perempuan bertujuan agar perempuan bisa bebas berkarya dan berdaya, sehingga melahirkan generasi masa depan yang sehat dan berkualitas.

Bagi karyawan dan stafnya, Rorokenes juga menyediakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Tidak boleh ada kekerasan terhadap perempuan dan diskriminasi gender, baik dalam pemberian upah maupun remunerasi. Setiap karyawan akan dinilai berdasarkan kinerja dan performa individu.

Rorokenes secara rutin juga mengadakan pelatihan untuk karyawan maupun masyarakat sekitar yang menjadi kluster Rorokenes. Saat ini, ada 3 kluster yang di-support oleh Rorokenes, yaitu kluster penjahit, kluster anyaman, dan kluster ibu-ibu yang memiliki anak difabel. Dengan membeli produk lokal, Bapak/Ibu tidak hanya membantu menyejahterakan masyarakat, tapi ikut serta membangun perekonomian Indonesia, menambah pendapatan nasional, dan mendukung masyarakat untuk maju dan berkarya sebagaimana tema HUT Kemerdekaan Indonesia.

Mari rayakan kemerdekaan dengan disiplin berbangsa dan bernegara. Perjuangan rakyat Indonesia belum usai, dan sudah menjadi tugas kita untuk melanjutkannya. Rorokenes mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia. Dirgahayu bangsaku. Semoga kita semakin maju, jaya, dan sejahtera.