Promosi adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas usaha. Tidak hanya usaha yang skalanya besar saja, tapi juga bagi usaha berskala kecil/menengah seperti UMKM dan IKM. Salah satu strategi promosi yang sering digunakan untuk pengusaha UMKM/IKM untuk memperkenalkan produk adalah dengan mengikuti pameran. Apa sih manfaat pameran bagi bisnis UMKM dan IKM?

Event pameran di dalam dan luar negeri yang diadakan pemerintah maupun swasta, sangat berdampak pada peningkatan permintaan atau penjualan produk UMKM/IKM. Melalui pameran, bisnis UMKM dan IKM dapat memperkenalkan produk baru atau produk dengan inovasi terbaru, memperkuat citra perusahaan, mendapatkan informasi mengenai pesaing, hingga membuka akses pasar yang lebih luas.

Apakah Tas Artisan Rorokenes sering mengikuti pameran?

Sebagai IKM yang berdiri pada 2014, Rorokenes menyadari pentingnya ikut serta dalam pameran. Bahkan, produk tas anyaman kulit asli Rorokenes pertama kali diluncurkan saat acara pameran di Semarang Great Sale. Sejak itu, Rorokenes mulai aktif mengikuti berbagai pameran di dalam negeri seperti Inacraft, Craftina, Jateng Gayeng, Trade Expo Indonesia, dan lain-lain.

Rorokenes juga beberapa kali terpilih mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti pameran internasional. Di antaranya adalah pameran CISMEF Expo di Guangzhou, China pada 2015; pameran di Ljubljana, Slovenia; She Trades ITC (PBB) di Inggris pada 2018; termasuk pameran yang paling tak terlupakan adalah Festival Indonesia di Moskow, Russia, pada 2019. Saat itu, tas Rorokenes tertahan di Bandara Domodedovo karena disangka terbuat dari kulit eksotis dengan nilai lebih tinggi dibanding aslinya.

Semua pameran di atas Rorokenes ikuti sebelum pandemi COVID-19. Bagaimana di saat pandemi melanda?

Ketika pandemi muncul di awal tahu 2020, tas artisan Rorokenes tidak mengikuti pameran offline apa pun sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Akan tetapi, Rorokenes bersyukur masih diberi kesempatan untuk ikut serta dalam beberapa pameran yang diselenggarakan secara virtual, baik pameran dalam negeri maupun internasional. Misalnya, Virtual Exhibition Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), Mercedes-Benz Fashion Week Russia, Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), dan pameran di New York Now, Amerika.

Terpilihnya Rorokenes mengikuti pameran dalam negeri maupun internasional melalui proses yang cukup panjang. Agar bisa mengikuti pemeran-pameran tersebut, Rorokenes senantiasa menjaga kualitas tas anyaman kulit yang diproduksi, menerapkan quality control dalam setiap proses produksi, memilih supplier bersertifikat ISO, serta memiliki waste management yang teruji. Dengan demikian, Rorokenes berhasil lolos kurasi ketat yang dilakukan pemerintah dan pihak penyelenggara pameran.

Bagi Rorokenesian yang ingin tahu mengenai pameran selanjutnya yang akan diikuti Rorokenes, yuk follow Intagram @rorokenesindonesia, dan like Facebook Rorokenes Indonesia @rorokenesindonesia. Rorokenesian juga bisa mengetahui info produk terbaru kami dan berbelanja online melalui kontak tersebut, atau langsung WA ke +62811-2998-249.