Kaleidoskop Rorokenes Indonesia

Memasuki dekade baru pada 2020, banyak hal tidak berjalan seperti yang kita harapkan. Pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia menjadi salah satunya. Meskipun demikian, tahun 2020 juga merupakan tahun yang perlu kita syukuri. Sebab, ada banyak peristiwa penting yang bisa dijadikan pelajaran dan motivasi.

Mengingat kembali tahun 2020, Rorokenes Indonesia merasa bersyukur masih dapat terus berkarya dan berbagi bersama Rorokenesian di tengah pandemi. Untuk itu, kami membuat kaleidoskop atau kilas balik berbagai peristiwa penting selama 2020 sebagai refleksi.

a. Webinar/Talk Show

Sepanjang 2020, puji syukur founder Rorokenes Indonesia, Syanaz Nadya Winanto Putri, tahun lalu masih diberi kesempatan untuk mengisi dan mengikuti beberapa acara webinar/talkshow secara virtual.

Mulai pada bulan Mei, Syanaz berbincang-bincang via live IG dengan Pak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, untuk membahas situasi dan kondisi UMKM/IKM selama pandemi.

Di bulan Juni, Syanaz berpartisipasi dalam Peluncuran Penggalangan Dana Pundi Perempuan bersama Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), juga wawancara dengan Vidion Widyantara via YouTube, dan menjadi pembicara dalam webinar STIE Nobel.

Di bulan Juli, Syanaz berkesempatan menjadi pembicara di webinar Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah, lalu juga berdiskusi bersama Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Jawa Timur.

Pada bulan Agustus dan September, Syanaz mengikuti Talk Show Seri III Pundi Perempuan, webinar internasional AIM Enterpreneur Series, webinar Unnes, WIC Virtual Social Meeting, serta webinar FISIP Undip.

Sedangkan di bulan Oktober, founder Rorokenes mendapat kehormatan untuk mengikuti eMasterclass yang diselenggarakan oleh UNCTAD/PBB, webinar Bina Abdi Desa UNAIR, dan webinar IKRATalks.

Terakhir pada bulan November dan Desember adalah Webinar Series #5 Bodjong Festival 2020, webinar UNDIP, Sharing & Hearing di UpRadio FM, dan Delta CommuniTalk oleh Delta FM.

b. Pameran

Di awal Maret, alhamdulillah Rorokenes dapat berpartisipasi dalam event Indonesia Trade Forum yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta. Acara ini diadakan sebelum aturan pembatasan sosial diberlakukan.

Di bulan Oktober, puji syukur Rorokenes terkurasi untuk mengikuti internasional virtual trade show di NY Now, New York. NY Now adalah ajang pameran kriya terbesar di Amerika Utara yang diadakan rutin setiap tahunnya. Pada bulan yang sama, Rorokenes juga bersyukur dapat terkurasi untuk mengikuti Virtual Exhibition yang diselenggarakan oleh Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

c. Kegiatan Sosial

Sejak awal pandemi, banyak Rorokenesian yang telah berpartisipasi dalam program Rorokenes Berbagi. Melalui program tersebut, Rorokenes mengadakan berbagai promo di mana sebagian keuntungan kami sisihkan untuk mereka yang terdampak pandemi. Donasi tersebut telah disalurkan, baik secara langsung maupun melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang dan Pundi Perempuan.

Beberapa kegiatan sosial kami tahun 2020 adalah pembagian bantuan untuk para Ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di bulan April dan Juni, serta penyerahan donasi ke Baznas dalam rangka “Promo Berbagi di Bulan Kartini” pada bulan Mei.

Di bulan Oktober, Rorokenes juga melelang 5 tas yang kami tampilkan pada Mercedes-Benz Fashion Week Russia. Hasil lelang tersebut kami donasikan untuk korban terdampak COVID-19 dan disalurkan melalui kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Pundi Perempuan.

d. Fashion Show

Rorokenes bersyukur, di tahun 2020 kami dapat terkurasi dan berpartisipasi dalam event fashion show nasional dan internasional yang diselenggarakan virtual.

Di bulan Oktober, Rorokenes berkesempatan untuk mengikuti Mercedes-Benz Fashion Week Russia. Fashion show ini adalah event yang paling diliput oleh media mode di Rusia, Eropa Timur, Timur Tengah, dan Afrika. Dalam fashion show ini, Rorokenes berkolaborasi dengan desainer Wignyo Rahadi menampilkan koleksi tas anyaman kulit asli bertemakan Urban Weaving.

Pada bulan yang sama, Rorokenes juga berpartisipasi dalam Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020, berkolaborasi dengan desainer Putri Kausaria. Pada kesempatan tersebut, kami mengusung tema “The New Beginning” sesuai Trend Forecasting 2021/2022.

e. Penghargaan

Di antara sekian banyak peristiwa, momen Rorokenes masuk nominasi hingga terpilih menjadi juara 2 di ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) pada Desember 2020, adalah salah satu yang paling berkesan.

Dapat menjadi juara 2 dalam kategori fesyen di Anugerah Bangga Buatan Indonesia, merupakan penghargaan tersendiri dan pencapaian yang luar biasa bagi kami. Hal ini, tentunya tak lepas dari cinta Rorokenesian yang selalu mendukung karya kami dan bangga memakai produk buatan Indonesia.

Melalui Kaleidoskop Rorokenes Indonesia 2020 ini, kami bersyukur masih banyak hikmah yang dapat dipetik di balik musibah pandemi. Bercermin dari kaleidoskop tahun lalu, Rorokenes Indonesia berharap di tahun 2021 ini, kami dapat terus berkarya, berinovasi, bermanfaat bagi sesama, dan membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Terima kasih Rorokenesian, telah berbagi kenangan indah di tahun 2020 bersama Rorokenes Indonesia!