Bagaimana sih menentukan kualitas tas kulit handmade?

Tas berbahan kulit apalagi handmade merupakan jenis tas yang banyak disukai dan dijadikan koleksi. Selain fungsional, tas kulit adalah pelengkap penampilan yang classy, elegan, dan selalu pas menemani di segala situasi. Tentu tak sulit untuk menemukan produk tas kulit di pasaran dengan desain dan harga yang sangat bervariasi. Namun sebelum berbelanja tas kulit, ada baiknya Anda memastikan kualitasnya agar tak kecewa di kemudian hari.

Dibanding membeli tas kulit dengan kualitas ala kadarnya, membeli tas kulit yang berkualitas akan memberi keuntungan jangka panjang. Mengapa demikian? Tas kulit yang berkualitas tinggi tak hanya tampak lebih bagus dari segi penampilan, tapi juga lebih kuat dan tahan lama. Dengan membeli tas kulit yang benar-benar berkualitas, Anda sedang berinvestasi dan berhemat karena tak perlu berkali-kali membeli.

Kalau begitu, bagaimana sih, cara menentukan kualitas sebuah tas kulit?

Berbicara soal kualitas, ada banyak faktor yang sangat menentukan, baik dari segi material maupun proses pembuatan. Secara umum, Anda bisa menilai apakah tas tersebut berkualitas dilihat dari jenis kulit, kualitas jahitan, bahan lining, dan hardware yang digunakan.

Bahan Kulit

Hal pertama yang paling menentukan kualitas tas Anda adalah keaslian kulit yang digunakan. Kulit asli memiliki daya tahan yang baik, tak lekang oleh waktu, kuat, dan mempunyai corak yang unik. Meskipun kulit asli dan palsu terlihat mirip, tetapi kelebihan kulit asli tak bisa disamai oleh bahan kulit imitasi buatan manusia. Selain itu, kualitas kulit juga ditentukan dari pemilihan bahan kulit dan proses penyamakannya. Penyamakan kulit adalah pengolahan kulit hewan untuk dijadikan material kulit dengan tujuan membuatnya tidak gampang rusak dan lebih tahan lama.

Bahan Lining

Tas kulit berkualitas tak hanya mengunggulkan bagian eksteriornya saja. Bagian interior tas pun harus diberi lapisan atau lining dari bahan yang membuat tas kulit Anda sentantiasa kuat dan awet. Ada banyak jenis lining yang biasa digunakan pada tas. Salah satunya adalah kain suede, yaitu jenis kulit asli dengan proses finishing yang menghasilkan tekstur lapisan sangat halus. Kelebihan kain suede adalah bahannya durable dan tidak mudah panas saat terkena matahari.

Jahitan Tas

Sebelum membeli tas kulit, ada baiknya Anda mengecek kualitas jahitan produk tersebut. Faktor jahitan pada tas kulit Anda sangat berpengaruh pada banyak hal. Jahitan tidak hanya berfungsi untuk menyatukan pola menjadi bentuk tas, tapi memastikan tas kulit tersebut kuat sekaligus memperindah penampilannya. Oleh karena itu, tas kulit yang berkualitas pasti memiliki jahitan yang rapi, konsisten, dan presisi tinggi.

Hardware Tas

Bahan kulit yang bagus dan jahitan rapi pada tas kulit juga harus didukung oleh hardware yang berkualitas. Hardware yang dimaksud adalah ornamen tas yang terbuat dari logam. Contohnya seperti zipper, purse chain, gesper, ring persegi penghubung tas dengan tali bahu, hingga adjustable sliders untuk mengatur panjang-pendeknya tali. Logam yang digunakan harus kuat dan tidak mudah berkarat.

Kualitas Tas Kulit Handmade Rorokenes

Rorokenes adalah brand tas anyaman kulit lokal yang senantiasa menghasilkan karya dengan desain menarik dan memiliki kualitas yang baik. Semua produk Rorokenes dibuat menggunakan 90% material yang berasal dari dalam negeri. Kulit yang digunakan 100% asli dari sapi dan domba, memiliki lisensi sesuai standar SNI, dan ramah lingkungan.

Proses produksi tas Rorokenes pun dilakukan pengrajin lokal secara handmade. Mulai dari pemotongan kulit, menganyam, dan menjahit, setiap proses dilakukan dengan menerapkan quality control yang ketat. Sehingga, produk yang dihasilkan tak hanya cantik dan elegan, tapi benar-benar berkualitas. Tas produksi Rorokenes pun telah dikurasi dan ditetapkan sebagai tas berstandar ekspor berdasarkan mutu dan kualitasnya tersebut.

Nah, dengan perawatan yang tepat, tas Rorokenes dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi di setiap pembelian produk Rorokenes, Bapak/Ibu akan mendapatkan dustbag cantik yang tak kalah kualitasnya. Dustbag ini bisa digunakan untuk menyimpan tas kulit Rorokenes agar kondisinya senantiasa terjaga, terhindari dari debu dan kotoran. Selain berfungsi sebagai pelindung, dustbag tersebut juga bisa dipakai bersamaan dengan tas kulit saat Anda bepergian. Dustbag dari Rorokenes selain kuat juga bisa untuk membawa banyak barang, lho.

Ingin memiliki tas-tas Rorokenes? Silakan Bapak/Ibu berbelanja melalui WhatsApp ke +62811-2998-249.

#Rorokenes #TasAnyamanKulit #LeatherWovenBag #ArtisanCraft #CintaProdukIndonesia #BanggaBuatanIndonesia